Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)


Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menawarkan studi ilmu komunikasi yang terintegrasi dengan penyiaran dan dakwah Islam. Sebagai wadah untuk studi ilmu komunikasi, kurikulum di Jurusan KPI memasukkan semua mata kuliah wajib, seperti Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Filsafat dan Etika Komunikasi, Komunikasi Politik, Kumunikasi Antar Budaya, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya, sehingga kompetensi lulusan Jurusan KPI dapat disejajarkan dengan lulusan Jurusan/Program Studi Ilmu Komunikasi pada umumnya. Namun, ada nilai lebih yang dimiliki oleh lulusan Jurusan KPI dibandingkan dengan jurusan ilmu komunikasi di tempat lain. Nilai lebih tersebut adalah penguasaan ilmu dan pendekatan keagamaan yang juga diajarkan di Jurusan KPI. Mahasiswa diberi bekal perspektif keagamaan yang akan sangat bermanfaat, baik untuk kehidupan pribadinya kelak maupun untuk studi dan karirnya ke depan sehingga lebih mampu memahami objek studinya di Indonesia, yang berpenduduk mayoritas Islam.

Visi Program Studi : Mengembangkan Komunikasi dan Penyiaran Islam tingkat regional yang unggul, kompetitif, profesional, inovatif, mandiri dan islami
Misi Program Studi :

- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu melahirkan sarjana berkualitas yang senantiasa bertaqwa, cerdas, mandiri, inovatif dan profesional.

-Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam secara profesional dan akuntabel.

- Mengembangkan pemikiran, teknologi dan pusat sumber belajar, komunikasi dan penyiaran islam.

- Memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas komunikasi dan penyiaran islam.

 

Kompetensi Lulusan:

Sasaran luaran (out-put) pembelajaran adalah memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengem-bangkan ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai berikut:
a. Ilmu pengetahuan

- Mempunyai pemahaman dan penguasaan yang memadai terkait ilmu-ilmu dasar keIslaman (dirasat Islamiyah);

- Mempunyai pemahaman mengenai ilmu yang terkait dengan Komunikasi Dakwah dan Konseling Islam yang berbasis pada nilai-nilai dan pandangan hidup Islam;

- Mempunyai pemahaman yang baik tentang ilmu Komunikasi Dakwah (khususnya di bidang broadcasting dan jurnalistik) dan Konseling Islam yang berbasis pada nilai-nilai dan pandangan hidup Islam.

b. Kemampuan dan Keterampilan:

Mampu menjawab dan menyelesaikan persoalan agama dan permasalahan keagamaan yang berkembang di masyarakat.

- Mampu dan terampil melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai konselor keagamaan Islam professional dan praktisi di bidang broadcasting dan jurnalistik Islam;

- Terampil dalam melakukan penelitian dan pengembangan di bidang Komunikasi Dakwah dan Konseling Islam yang berbasis pada nilai-nilai dan pandangan hidup Islam.

c. Sikap

- Berilmu, beradab dan berdayaguna (tadayyun ‘amali);

- Bertanggung jawab atas amanah yang diemban;

- Peka dan empati terhadap lingkungan sekitar;

- Berbudaya ilmu yang tinggi serta kritis terhadap dampak negative kemajuan zaman dan umat manusia;

- Bersedia membuka diri dan aktif menjalin sinergi untuk bekerjasama dengan berbagai pihak untuk kepentingan dakwah Islam dan maslahat/pemberdayaan umat.

 

Prospek dan Karir Lulusan :

saat ini Peluang kerja bagi alumni Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) sangat terbuka lebar diantaranya; Dosen pada perguruan tinggi negeri atau swasta, praktisi disiplin ilmu di kepemerintahan khususnya departemen komunikasi & informasi, kementerian agama, TNI dan lain-lain, Praktisi di dunia media massa, cetak, online, radio & televisi dan desainer promo dan advertising dan da’i Enterpreneur.