Program Studi Ekonomi Syariah (ES)


Bidang ekonomi dan bisnis adalah salah satu bidang kuliah yang tidak pernah sepi peminat dari kalangan calon mahasiswa baru. Sering berkembangnya zaman, jurusan-jurusan yang tersedia di bidang ini juga tidak terbatas pada Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi saja, tetapi juga banyak yang merupakan percabangan dari ilmu lintas bidang.

Salah satu jurusan atau program studi terbaru dalam bidang ini adalah program studi Ekonomi Syariah, di program studi ini mahasiswa bakal banyak  mengembangkan ilmu ekonomi yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan hidup manusia secara komprehensif, baik material maupun moral dan spiritual serta menjaga keberlangsungannya dengan pendekatan analisis komparatif antara pendekatan konvensional dengan pendekatan Islam.

Visi :

Menjadi Program Studi yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025  dibidang ekonomi dan bisnis serta manajemen keuangan syariah.

Misi :

- Mendidik dan mempersiapkan calon sarjana dibidang ekonomi dan bisnis serta manajemen keuangan syariah yang unggul, professional, berakhlak mulia, dengan menekankan pada penalaran konseptual; keterampilan menyelesaikan masalah; semangat belajar berkelanjutan, serta sikap profesional.

- Mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi dan bisnis serta manajemen keuangan syariah kontekstual.

- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ekonomi dan bisnisserta manajemen keuangan syariah

- Menjadi mitra pengembangan kemampuan dibidang ekonomi dan bisnis serta manajemen keuangan syaraiah di berbagai lembaga keuangan syari’ah di Indonesia maupun luar negeri.

 

Prospek Lulusan

Konsultan manajemen, tenaga terampil kewirausahaan, praktisi disiplin ilmu perbankan konvensional/syariah, tenaga terampil seputar ekonomi syariah kepemerintahan baik swasta/negeri, pelaku pasar modal, wirausahawan profesional, akuntan publik, internal/ekternal audit manajemen, konsultan atau peneliti perpajakan, system analyst, tenaga pendidik, penulis buku seputar ekonomi Islam.