Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)


 

Program studi BKI (Bimbingan dan Konseling Islam)

Program Studi BKI merupakan salah satu program studi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam di IAI.Syarifuddin Lumajang yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan jurusan BK pada umumnya. Salah satu kelebihannya terletak pada prespektif spiritual (ke-Islaman) bertujuan untuk membantu individu berubah, berkembang dan berkontribusi positif bagi lingkungan, mengoptimalkan kemampuan hidupnya untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Saat ini program studi BKI IAI. Syarifuddin Lumajang bekerja sama dengan BKI UINSA Surabaya dan telah memantapkan diri sekaligus siap merespon berbagai tantangan global yang berkembang dewasa ini melalui Bimbingan dan Konseling Islam yang memadukan pendekatan psikologi kontemporer dengan agama Islam (integrasi-interkoneksi). Sehingga dapat menjadi program studi yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan psikologis, serta dapat menjadi media yang tepat bagi pengembangan individu, kelompok (komunitas) dan masyarakat luas untuk mencapai kapasitasnya yang fully functioning (berfungsi secara penuh) sebagai manusia dengan sesamanya serta sebagai makhluk dengan penciptanya.

Melalui kurikulum Bimbingan dan Konseling Islami, yang memuat ranah kompetensi paedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai islami. Implementasinya dalam perkuliahan menggunakan metode Student Centered Learning (SCL), yang dilakukan secara aktraktif oleh para Dosen yang berperan sebagai mediator dan fasilitator, sementara mahasiswa menjadi pusat pembelajaran.

Melalui metode ini, maka perkuliahan sangat fleksibel bisa di ruang kelas, laboratorium, serta langsung di masyarakat. Hal ini akan memungkinkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensinya secara maksimal, karena akan terlibat dalam praktek lapangan di berbagai instansi atau lembaga sesuai dengan konsentrasi penjurusan (baik Konselor Masyarakat atau Konselor Sekolah).

Visi :

Menjadikan program studi Bimbingan Konseling Islam dengan menciptakan para sarjana yang kompetitif dan berkarakter islami.

Misi :

-       Menyelenggarakan pendidikan bimbingan dan konsling islam yang mempunyai keunggulan dan daya saing internasional

-       Megembangkan penelitian bimbingan dan konseling islam yang relevan dengan kebutuhan masyarakat

-       Mengembangan pola pemberdayaan masyarakat perspektif bimbingan konseling islam.

 

Prospek Lulusan

Konseler Keluarga meliputi penanganan problema keluarga (pranikah, disharmonis, dan perceraian). Konseler kemasyarakatan dan sosial (delinquency, trafficking, & korban bencana), Penasehat keagamaan seperti di rumah sakit, BP4, lapas, pondok sosial, BKKBN dan praktisi pendidikan Islam negeri maupun swasta. Da’i Enterpreneur.