Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)


Guru Kelas Inovatif

Optimasi guru kelas pada kreativitas dengan mengedepankan praktek yang didasari oleh teori klasik hingga kontemporer.

Seorang guru merupakan inovator yang pada dasarnya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui inovasi pembelajaran. Guru sebagai inovator pembelajaran mau tidak mau harus meningkatkan kemampuan diantaranya :

1. Teknologi yang merupakan kekuatan pendorong terhadap inovasi dan kesuksesan. Teknologi memang merupakan salah satu sumber inovasi, akan  tetapi bukanlah satu-satunya. Kenyataannya saat ini banyak guru yang berupaya meraih keberhasilan untuk berinovasi.

2. Ada kreativitas yang tergantung gagasan-gagasan yang dimunculkan. Seorang inovator adalah orang yang berhasil mengambil peluang-peluang untuk mewujudkan gagasan-gagasan yang ada dan secara realita dapat dikembangkan.

Dalam prosesnya, Program Studi PGMI menerapkan beberapa inovasi diantaranya adalah:

  1. Penemuan (Invensi), yakni produk atau proses yang benar-benar baru.
  2. Pengembangan (Eksistensi), yakni pemanfaatan atau penerapan yang ada dari konsep yang sudah ada.
  3. Penggandaan (Duplikasi), yakni refleksi kreatif atau konsep yang telah ada.

Prospek Lulusan

 Lulusan program studi PGMI berpeluang untuk bisa menjadi :

1. Guru MI dan SD Islam;

2. Peneliti Lembaga Pendidikan MI dan SD Islam;

3. Fasilitator dan Pelatih di berbagai Pelatihan Pendidikan MI dan SD Islam;

4. Penulis buku-buku Pendidikan MI dan SD Islam.

5. Pengelola lembaga atau unit bidang Madrasah Ibtidaiyah