Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)


PROFESIONALITAS GURU

Mewujudkan pribadi profesional kependidikan sebagai cermin keteladanan guru islami.

ada 4 kompetensi Guru yang harus dipmiliki oleh seorang calon tenaga pendidik di Lingkungan Kampus IAI Syarifuddin terutama pada fakultas tarbiyah baik Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun Program Studi Pendidikan Guru MAdrasah IBtidaiyah (PGMI), 4 kompetensi tersebut meliputi: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial; Kompetensi Pedagogik adalah kompetensi keilmuan yang harus difasilitasi oleh lembaga melalui kegiatan pembelajaran akademik, Kompetensi profesional adalah kompetensi keahlian yang tidak cukup diteorikan tetapi harus dicontohkan atau dipraktekkan. Kompetensi Kepribadian adalah kompetensi diri yang harus ditanamkan pada setiap kegiatan sehari-hari menyangkut persoalan integritas diri yang mudah tekontaminasi oleh situasi dan kondisi. Kompetensi Sosial adalah kompetensi kepdulian diri terhadap fenomena pendidikan baik menyangkut problem maupun inovasi-inovasi kegiatan berkaitan dengan pendidikan, lembaga pendidikan dan lembaga sosial. 

PROSPEK LULUSAN

Dosen atau guru keagamaan di sekolah negeri/ swasta, praktisi disiplin ilmu keguruan/kependidikan, konsultan pendidikan agama khususnya di kalangan Kemenag, kemendikbud, serta kepemerintahan secara umum, dan penulis buku dan peneliti keagamaan.

Lulusan IAI Syarifuddin, Prodi PAI dan PGMI bisa berpeluang untuk menjadi Dosen pada perguruan tinggi dengan catatan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan linier. Lulusan program studi PAI berpeluang bisa menjadi Guru Pendidikan Agama Islam di SMA, MA dan SMK.